Kamis, 01 Oktober 2009

GuLma

GULMA

Gulma adalah suatu tumbuhan lain yang tumbuh pada lahan tanaman budidaya, tumbuhan yang tumbuh disekitar tanaman pokok (tanaman yang sengaja ditanam) atau semua tumbuhan yang tumbuh pada tempat (area) yang tidak diinginkan kehadirannya dapat merugikan tanaman lain yang ada di dekat atau disekitar tanaman pokok tersebut (Ashton, 1991).
Macam gulma menurut kompetisi:
1. Kompetisi dalam mendapatkan cahaya
Persaingan untuk mendapatkan cahaya biasanya terjadi kepada tanaman yang pendek dan berdaun sedikit. Sedangkan gulma yang tumbuh pada lokasi tanam tanaman tersebut lebih tinggi dan berdaun lebih banyak atau berdaun lebar. Tanaman pokok kekurangan cahaya, fotosintesis kurang maksimal, sehingga pertumbuhan tanaman terhambat.
Contoh dari gulma ini adalah jagung yang tumbuh pada areal tanaman kacang, bayam yang tumbuh pada arel tanaman padi.
2. Kompetisi dalam mendapatkan air
Persaingan untuk mendapatkan air biasanya terjadi pada tanaman dengan perakaran sedikit, sedangkan gulma yang tumbuh perakarannya lebih banyak dan tumbuh lebih dalam ke dalam tanah. Tanaman pokok kekurangan air, sehingga pertumbuhan tanaman terhambat bahkan tanaman pokok bisa mati.
Contoh dari gulma ini adalah rumput gajah diantara tanaman kacang tanah
3. Kompetisi dalam mendapatkan unsur hara
persaingan untuk mendapatkan unsur hara hampir mirip dengan persaingan pada kompetisi dalam mendapatkan air. Yaitu perakaran gulma lebih banyak daripada perakaran tanaman pokok.
Contoh dari gulma ini adalah adanya rumput-rumputan yang tumbuh pada areal tanaman padi, kacang tanah, dan tanaman-tanaman lain.

Tidak ada komentar: